A.
Macam
Menu Microsoft Excel 2007
Tampilan menu pada Excel 2007 dibedakan menjadi :
1. Office Button
Office Button adalah menu pokok pada Microsoft Office 2007. Untuk menggunakan menu ini klik pada ikon Office Button yang terdapat di pojok kanan. Setelah Office Button diaktifkan (diklik) maka akan muncul pilihan sub perintah dari Office Button.
Untuk menggunakan submenu dari Office Button dengan cara sorot menu yang dipilih kemudian klik mouse.
Misalkan untuk menggunakan menu open maka mouse diarahkan pada ikon menu open kemudian klik mouse.
2. Tab menu
Menu pada Excel 2007 disusun dalam tab-tab menu. Untuk menggunakan tab menu dengan cara sorot tab yang akan dipilih kemudian klik mouse.
3. Ikon
Ikon-ikon pada Excel 2007 merupakan sub menu dari tab menu. Ikon-ikon ini dikelompokkan ke dalam group-group yang dikenal dengan istilah ribbon.
Pengelompokkan ikon-ikon ini sangat memudahkan kita dalam penggunaan perintah-perintah pada excel 2007. Untuk menggunakan perintah dari ikon-ikon tersebut kita cukup mengaktifkan ikon-ikon tersebut dengan cara klik pada ikon yang dipilih. Misalnya untuk menggunakan perintah insert Picture sorot ikon Picture.
Ada beberapa ikon yang memiliki sub
ikon. Ikon yang memiliki sub ikon ditandai dengan adanya tanda panah disudut
ikon. Untuk melihat sub ikon klik tanda panah yang ada di sudut ikon tersebut.
4. Dialog Box
Dialog box adalah perintah detail yang
tersembunyi dari tiap group ribbon. Untuk mengaktifkan perintah detail tersebut
dengan cara klik pada Dialog box yang terdapat ribbon.
B.
Mengaktifkan
Shortcut Microsoft Excel 2007
Antarmuka ribbon di
Excel 2007 lebih mudah digunakan dengan mouse, tapi ada baiknya kalian juga
mengetahui shortcut keyboard Excel 2007 sebagai antisipasi jika mouse tidak
dapat digunakan sebagaimana mestinya ketika bekerja. Shortcut adalah kombinasi
ketikkan tombol-tombol keyboard yang membuat program melakukan perintah
tertentu. Ada cara yang cepat, mudah dan layar akan memperlihatkan apa yang
perlu kalian tekan yaitu cukup tekan tombol ” Alt” semudah itu. Dengan
menekannya, shortcut keyboard akan tampil di bagian atas dari semua seksi yang
ada pada ribbon.
Sebagai contoh, untuk membuka menu
Home, cukup tekan tombol “H” maka akan dibuka menu Home beserta shortcut dari
masing-masing ikon.
Untuk menggunakan ikon tekan tombol shortcut
dari masing-masing ikon. Misalkan untuk menggunakan atau mengaktifkan ikon Bold
dengan cara menekan tombol “1″ pada keyboard.
Berikut adalah beberapa shortcut
Excel yang sering digunakan :
- Tombol-Tombol Dasar
- Tombol-Tombol untuk pindah dan
Menggulung (Scrolling) di Lembar kerja atau Buku Kerja
- Tombol-Tombol untuk
Menyisipkan, Menghapus, Mengcopy sell Terpilih
- Tombol-Tombol untuk Format Sell
- Tombol-Tombol untuk Menampilkan
Kotak Dialog
- Tombol-Tombol untuk Bekerja
pada Aktif Sell atau Formula Bar
C.
Aplikasi
Penggunaan Menu
1. Menu Standar
a.
Membuat
Dokumen Baru
Buku Kerja (workbook) baru secara
otomatis akan disediakan oleh Excel ketika kita membuka program Excel. Buku
kerja tersebut tersusun dari beberapa lembar kerja (worksheet).
Buku kerja baru dapat kita buat
dengan menggunakan perintah New. Untuk menggunakan perintah New
langkah-langkahnya sbb :
1) Klik Office Button
2) New
3) Blank and Resent Blank Workbook
4) Creat
Selain melalui office button, kita juga
dapat melakukan perintah New dengan klik ikon New yang terdapat pada Quick
Access Toolbar atau dengan menekan tombol Ctrl + N pada Keyboard.
b.
Menyimpan
Dokumen
Dokumen yang kita buat sebaiknya
disimpan untuk antisipasi kebutuhan dokumen di lain hari. untuk menyimpan
dokumen Excel langkah-langkahnya sbb :
1) Klik Office Button
2) Pilih Save untuk menyimpan dengan format
dokumen Excel 2007 (format .xlsx). Pilih Save As jika ingin menyimpan dengan
format lain misalnya menyimpan dengan format excel 97-2003 (format.xls)
3) Tentukan lokasi penyimpanan dengan klik
pilihan pada kotak Save in.
4) Ketik nama dokumen pada kotak File name.
5) Klik tombol Save.
Cara di atas adalah cara menyimpan dokumen
baru atau dokumen lama dengan nama dan format baru. Untuk menyimpan dokumen
lama yang diperbaharui caranya :
1) Klik Office Button
2) Klik Save
Dapat juga dengan klik ikon Save yang terdapat
pada Quick Accses Toolbar.
c.
Menutup
Dokumen
Setelah selesai bekerja dengan
komputer sebaiknya komputer segera dimatikan untuk menghemat penggunaan
listrik. Sebelum komputer dimatikan pertama semua program harus ditutup.
Sebelum menutup program, dokumen yang terbuka sebaiknya ditutup terlebih dahulu
dengan cara :
1) Klik Office Button
2) Klik Close
Setelah dokumen tertutup barulah program
ditutup. Untuk menutup program Excel langkah-langkahnya adalah :
1) Klik Office Button
2) Exit Excel
d.
Membuka
Dokumen Lama
Dalam bekerja membuat dokumen ada
kalanya kita memperbaharui data yang telah kita buat. Untuk membuka dokumen yang
kita simpan sebelum memperbaharui caranya :
1) Klik Office Button
2) Klik Open
3) Pilih lokasi dokumen yang disimpan pada
pilihan Look in
4) Pilih dokumen yang akan dibuka
5) Klik tombol Open.
2. Menu Formatting
a. Mengatur Font
Jenis huruf dan ukuran huruf dapat
kita atur sesuai dengan kebutuhan. Pengaturan huruf terdapat pada ribbon Font
menu Home.
Untuk mengganti jenis huruf aktifkan sell yang
akan diganti hurufnya – klik pilihan pada kotak Font.
Sedangkan untuk mengganti ukuran
huruf dengan cara aktifkan sell – klik pilihan pada kotak Font size.
Selain jenis dan ukuran huruf, kita
juga dapat mengatur cetakkan huruf dengan memanfaatkan fasilitas yang
disediakan oleh Excel seperti :
1). Ikon Bold untuk membuat cetakan Tebal.
2). Ikon Italic untuk membuat cetakan miring
3). Ikon Underline untuk membuat cetakan Garis
Bawah
Untuk menggunakan aktifkan sell
kemudian klik ikon pengaturan cetakan huruf Bold, Italic atau Underline.
b.
Mengatur
Teks dan Paragraf
Letak data pada sell dapat kita atur
supaya dokumen lebih rapi. Pengaturan penempatan data dan paragraf terdapat
pada ribbon Alignment menu Home.
Untuk mengatur Text pertama kalian aktifkan
sell yang akan diatur kemudian aktifkan ikon pengaturan text dengan cara klik
ikon.
1). Top Align mengatur teks berada di atas.
2). Middle Align mengatur teks berada di
tengah.
3). Button Align mengatur teks berada di
bawah.
Selain mengatur letak teks pada sell
terdapat juga pengaturan paragraf. Untuk menggunakan ikon pengaturan paragraf
caranya sama ketika menggunakan ikon pengaturan teks, yaitu mengaktifkan sell
kemudian mengaktifkan ikon dengan cara klik mouse.
1). Align Text Left mengatur paragraf rata
kiri.
2). Center mengatur paragraf rata tengah.
3). Align Text Right mengatur paragraf rata
kanan.
c. Cut, Paste, dan Copy
Cut digunakan untuk memindahkan data
dari satu sell ke sell yang lain. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi
data – klik ikon Cut pada menu Home.
Contoh untuk memindahkan data pada sell A1
caranya :
1). Aktifkan sell A1
2). Klik ikon Cut
Paste digunakan untuk menampilkan
data setelah di Cut atau di Copy. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi
sell di mana data akan ditempatkan – klik ikon Paste pada menu Home.
Contoh untuk menampilkan data sell A1 yang
di-Cut ke dalam sell B2 caranya :
1). Aktifkan sell B2
2). Klik ikon Paste
Copy digunakan untuk menyalin data
dari suatu sel. Untuk menggunakan menu ini caranya seleksi data – klik ikon
copy pada menu Home.
Contoh untuk menyalin data pada sell A1
caranya :
1). Aktifkan Sell A1
2). Klik ikon Copy
Selanjutnya untuk menampilkan data salinan A1
klik ikon Paste.
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar sesuai tema. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. :) :( ^_^ :D ;) :-bd :yaya: :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p *fck* x@ X@ ~x( =p*