Advertisement

Monday, July 14, 2014

Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word


Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word 2003

 1.Menu File, Sub Menu File
• New                         : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open                        : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close                       : Mrenutup dokumen
• Save                        : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As                   : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh                     : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions                  : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview: Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup             : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada          dokumen
• Print Preview         : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print                         : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to                    : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise               : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit                           : Menutup program Ms. word

2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo                        : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut                           : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy                        : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard     : Membuka isi clipboard
• Paste                       :  Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial         : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink     : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear                        : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All                 : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find                         : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace                   : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To                       : Menuju ke halaman
• Links                        : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object                      : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal                    : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout             : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout             : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline                    : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane              : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars                  : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler                        : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks :  Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines                 :Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map    : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer       : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes                : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up                   : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen             : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom                       : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break                       : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers      : Memberi nomor halaman
• Date and time        : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext                   : Menyisipkan kata
• Field                         : Menyisipkan field
• Symbol                    : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment                : Menyisipkan komentar
• Reference               : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component   : Menyisipkan komponen dari web
• Picture                     : Menyisipkan gambar
• Diagram                  : Menyisipkan diagram
• Text Box                  : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File                           :Menampilkan toollbar markup
• Object                      : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark               : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink                : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font                            : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan -
Paragraph                 : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
Bullets and Numbering : Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
Borders and Shading    : Memberikan bingkai dan arsiran -
Columns                   : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Tabs                           : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
Drop Cap                   : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
Text Direction           : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
Change Case           : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Fit text                        : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
Background              : Memberi warna latar belakang pada dokumen -
Theme                       : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Frames                    : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame -
Autoformat                : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
Style and Formating : Mengubah style dan format -
Reveal Formating     : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks -
Object                         : Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks ataub paragraf dalam sebuah dokumen
- Language               : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count                        :  Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize      : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
- Speech                    : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya -
- Track Changes      : Menandai teks yang baru diubah sisinya -
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya -
- Protect Document  : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen -
- Online Collaboration : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet -
- Letters and Mailings  : Memuat surat melalui fasilitas wizard -
- Macro                       : Membuat dan menghapus macro sendiri -
- Template and add-ins : Mengatur tampilan template -
- AutoCorrect Options   : Memperbaiki teks secara otomatis -
- Customize              : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan -
- Options                    : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit,  Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table                : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert                        : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete                      : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select                       : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells            : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells                : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table               : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat  : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit                     : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert                    : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort                           : Mengurutkan data atau teks
- Formula                   : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines        : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise    : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window          : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All              : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split                          : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help :Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant :  Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web     : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
- Activate Product        : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair     : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word :  Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan


 Fungsi Menu Bar Microsoft word 2007 :

1.      Fungsi Menu Home, terdiri dari :
a.       Clipboard terdiri dari icon :
-          Paste berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau cut
-          Cut berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
-          Copy berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
-          Format painter digunakan untuk meniru format halaman dokumen kedalam dokumen
b.      Font, terdiri dari:
-          Font untuk memilih jenis huruf
-          Font size untuk mengatur ukuran huruf
-          Grow font untuk mmemperbesar ukuran huruf secara instan
-          Shrink font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
-          Change case untuk mengubah status huruf capitalatau huruf kecil
-          Clear formatting untuk menghapus pemformatan teks terpilih
-          Bold untuk menebalkan teks terpilih
-          Italic untuk memiringkam teks terpilih
-          Underline untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
-          Strikethrough untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih
-          Subscript untuk mengetik karakter pemangkatan
-          Superscript untuk mengetik karakter pemangkatan
-          Font color untuk mengatur warna teks terpilih
-          Text highlight color untuk memberikan warna stabilo dibelakang teks terpilih
c.       Paragraph
-          Bullets untuk memberikan tanda bullets di tiap paragraph terpilih
-          Numbering untuk memberikan format penomoran ditiap paragraph terpilih
-          Decrease indent untuk menggeser baris kedua paragraph kekiri
-          Increase indent untuk menggeser baris kedua kekanan
-          Align text left untuk mengatur text rata kekiri
-          Center untuk mengatur text rata tengah
-          Align text right untuk mengatur teks rata ke kanan
-          Justify untuk mengatur text rata kanan-kiri
-          Sort untuk menyortir data
-          Show paragraph marks untuk menanpilkan atau menyembunyikan tanda koreksi paragraph
-          Line spacing untuk mengatur jarak antar baris teks
-          Shading untuk mengatur warna latar teks terpilih
-          Border untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
d.      Styles
-          Change styles berisi pilihan pengaturan tema paragraph
e.       Editing
-          Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
-          Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
-          Select untuk memilih objek atau teks tertentu didalam suatu file
2.      Fungsi Menu Insert terdiri dari :
a.       Pages
-          Cover pages fungsinya menyisipkan bentuk halaman sampul seperti judul, namapengarang, tanggal dan informasi lain
-          Blank page fungsinya menyisipkan suatu halaman kosong yang baru
-          Page break fungsinya menyisipkan tanda batas halaman
b.      Tables
-          Table fungsinya menyispkan table kedalam dokumen
c.       Illustrations
-         Picture fungsinya memasukkan sebuah gambar kedalam dokumen. Gambar tersebut bias kita ambil dari file-file kita
-          Clip art fungsinya memasukkan sebuah gambar clip art
-     Shapes fungsinya memasukkan suatu gambar bangun sederhana yang sudah jadi seperti kotak, lingkaran, garis
-     Smartart fungsinya menampilkan bagan atau diagram pada lembar kerja anda, seperti diagram venn dan organization chart
-          Chart fungsinya menampilkan chart wizard untuk pembuatan grafik
d.      Links
-  Hyperlink sebagai penghubung suatu dokumen dengan dokumen yang lain dengan menggunakan fasilita internet
-          Bookmark untuk membuat suatu petunjuk halaman buku
-          Cross-reference fungsinya memperbaharui dokumen secara otomatis
e.       Header & footer
-          Header fungsinya membuat judul di bagian atas
-          Footer fungsinya membuat judul dibagian bawah
-          Page number fungsinya menyisipkan nomer halaman pada dokumen
f.       Text
-          Text box fungsinya menggambar kotak dengan teks didalamnya
-          Quick parts fungsinya menyisipkan potongan isi, mencakup dokumen property bidang judul atau pengarang
-          Wordart fungsinya membuat gambar dengan aneka seni teks
-          Date & time fungsinya memasukkan tanggal dan waktu kedalam dokumen kita
-          Signature e line fungsinya memasukkan atau menyisipkan suatu tanda tangan. Ikon ini membutuhkan suatu data orang yang memiliki tanda tangan tersebut seperti micrisoft mitra bersertifikat
-          Drop cap fungsinya membuat huruf pertama dari suatu paragraph didokumen menjadi lebih besar supaya kelihatan menarik
-          Object fungsinya menempelkan atau memformat sebuah objek
g.      Symbols
-          Equation berfungsi membuat suatu karakter suatu rumus matematika, fisika, kimia dan statistika
-          Symbol fungsinya menyisipkan sebuah symbol

3.      Fungsi Menu Tab Page Layout terdiri dari :
a.       Themes
-          Color berfungsi untuk mengatur warna tema halaman
-          Fonts berfungsi untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen yang aktif
-          Effects berfungsi untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di halaman dokumen
-          Themes berfungsi untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
b.       Page Setup
-          Margins berfungsi untuk mengatur batas teks pada dokumen
-          Orientation berfungsi untuk mengatur posisi halaman
-          Size berfungsi untuk mengatur ukuran halaman
-          Colums berfungsi untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
-          Break berfungsi untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
-          Line Numbers berfungsi untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
-          Hyphenation berfungsi untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
c.        Page Background
-          Watermak berfungsi untuk memberikan efek air di belakan teks
-          Page Color berfungsi untuk mengatur warna latar halaman
-          Page Borders berfungsi untuk mengatur garis tepi halaman
d.      Paragraph
-          Indent berfungsi untuk mengatur batas teks
-          Spacing berfungsi untuk mengatur jarak antara paragraph
e.        Arrange
-          Position berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
-          Bring to Front berfungsi untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
-          Send to Back berfungsi untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
-          Text Wrapping berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph text
-          Align berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas
-          Group berfungsi untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
-          Rotate berfungsi untuk memutar dan membalik objek yang terpilih

4.      Fungsi menu References terdiri dari :
a.   Table of Contents
-          Table of Contents berfungsi untuk mengelolah daftar isi
-          Add Text berfungsi untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
-          Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar isi
b.    Footnotes
-          Insert Footnote berfungsi untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer
-          Inset Endnote berfungsi untuk menyisipkan catatan di akhir bab
-          Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
-          Show Notes berfungsi untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c.     Citations & Bibliography
-           
-          Insert Citation berfungsi untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
-          Manage Sources berfungsi untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di sisipkan disemua segmen file dokumen
-          Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
-          Bibliography berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
d.    Caption
-           
-          Insert Caption berfungsi untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
-          Insert Table of Figures berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
-          Update Table berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
-          Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e.   Index

-          Mark Entry berfungsi untuk menandai masukan baru dalam dokumen
-          Insert Index berfungsi untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
-          Update index berfungsi untuk memperbarui daftar index terkini
f.      Table of Authorities
-          Mark Citation berfungsi untuk menandai kutipan
-          Insert Table of Authorities berfungsi untuk membuat daftar kutipan
-          Update Table berfungsi untuk memperbaharui daftar kutipan

5.      Fungsi menu mailings terdiri dari :
a.       Create
-          Envelopes di gunakan untuk membuat sampul pada amplop
-          Labels di gunakan untuk menuliskan alamat dan nama
b.      Start Mail Marge
-          Start Mail Marge di gunakan untuk membuat surat
-          Select Recipient di gunakan untuk memilih penerima surat
-          Edit Recepient list di gunakan untuk mengatur penerima surat
c.       Write & Insert Fields
-          Highlight Merge Fields di gunakan Untuk menyisipkan dokumen
-           Address Block di gunakan Untuk pemilihan alamat surat
-           Greeting Line di gunakan untuk menambahkan baris ucapan
-           Insert Marge Fields di gunakan Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
-          Rules di gunakan Untuk memberikan garis dalam surat
-          Match Fields di gunakan Untuk Membandingkan surat
-          Update Labels : Di gunakan Untuk memperbaharui label surat
d.      Preview result
-          Preview result di gunakan untuk melihat hasil
-          Find Recipient : Di gunakan untuk mencari penerima
-          Auto Check For Error : Di gunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
e.      Finish
-          Finish &Merge : Selesai menggunakan fasilitas Mailings 

6.      Fungsi menu Review terdiri dari :
a.       Proofing
-          Spelling & Grammar digunakan untuk Memeriksa ejaan teks
-          Research digunakan untuk Membuka panel penelitian referensi
-          Thesaurus digunakan untuk Saran kata yang sepadan
-          Translate digunakan untuk Menerjemahkan kata ke bahasa lain
-          Translation Screen Tip digunakan untuk Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
-          Set Language digunakan untuk Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
-          Word Count digunakan untuk Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam document
b.      Comments
-          New Comment digunakan untuk Memasukkan komentar baru
-          Delete digunakan untuk Menghapus komentar
-          Previous digunakan untuk Memperlihatkan komentar sebelumnya
-          Next digunakan untuk Memperlihatkan komentar selanjutnya
c.       Tracking
-          Track Changes digunakan untuk Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
-          Balloons digunakan untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
-          Display For Review digunakan untuk Memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
-          Show Markup digunakan untuk Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
-          Reviewing Pane digunakan untuk Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
d.      Changes
-          Acceptp And Move To Next digunakan untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
-          Reject And Move To Next digunakan untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
-          Previous Change digunakan untuk Menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima/menolak
-          Next Change digunakan untuk Menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
e.       Compare
-          Compare digunakan untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
-          Show Source Documents digunakan untuk Menunjukkan sumber dokumen yang terpilih
f.       Protect
-          Protect Document digunakan untuk untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

Fungsi menu Tab View, terdiri dari :
a.     Document Views
-    Print layout digunakan untuk  melihat hasil kerja yang akan di cetak
-    Full screen reading digunakan untuk untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
-    Web layout digunakan untuk  melihat hasil kerja di web
-    Outline view digunakan untuk untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
-    Draft view digunakan untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya
b.    Show/Hide
-          Ruler fungsinya untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam dokumen
-          Gridlines untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskan objek dalam dokumen
-          Message Bar fungsinya untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokumen
-          Document map untuk membuka peta dokumen yang memungkinkan anda untuk menavigasi melalui pandangan structural pada dukumen
-          Thumbnails untuk menavigasi dokumen yang panjang melalui gambar kecil dari setiap halaman

c.       Zoom
-          Zoom digunakan untuk Memperbesar tampilan
-          100% digunakan untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
-          One Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
-          Two Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
-          Page Width digunakan untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
d.        Window
-          New Window digunakan untuk Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
-          Arrange All digunakan untuk Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
-          Split Window digunakan untuk Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkan lembar kerja Anda
-          View Side By Side digunakan untuk Memperlihatkan jendela berdampingan
-          Synchronous Scrolling digunakan untuk Membuat dua jendela menggulung bersamaan
-          Reset Window Position digunakan untuk Menset ulang posisi jendela berdampingan
-          Switch window fungsinya mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
e.         Macros untuk merekam sebuah macro atau menerima pengaturan makro lainnya


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. :) :( ^_^ :D ;) :-bd :yaya: :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p *fck* x@ X@ ~x( =p*