Fungsi-fungsi Menu Bar pada
Microsoft Word 2003
1.Menu File, Sub Menu
File
• New : Membuka dockument
baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview: Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : Menutup program Ms. word
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview: Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : Menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines :Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File :Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan -
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
Bullets and Numbering : Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran -
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
Fit text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen -
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
Frames : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame -
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
Style and Formating : Mengubah style dan format -
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks -
Object : Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks ataub paragraf dalam sebuah dokumen
- Language : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
- Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya -
- Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya -
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya -
- Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen -
- Online Collaboration : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet -
- Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard -
- Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri -
- Template and add-ins : Mengatur tampilan template -
- AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis -
- Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan -
- Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort : Mengurutkan data atau teks
- Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help :Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
- Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
Fungsi Menu
Bar Microsoft word 2007 :
1. Fungsi Menu Home, terdiri
dari :
a. Clipboard terdiri
dari icon :
- Paste
berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau cut
- Cut
berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
- Copy
berfungsi untuk memotong teks atau objek yang dipilih
- Format
painter digunakan untuk meniru format halaman dokumen kedalam dokumen
b. Font, terdiri dari:
- Font
untuk memilih jenis huruf
- Font
size untuk mengatur ukuran huruf
- Grow
font untuk mmemperbesar ukuran huruf secara instan
- Shrink
font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
- Change
case untuk mengubah status huruf capitalatau huruf kecil
- Clear
formatting untuk menghapus pemformatan teks terpilih
- Bold
untuk menebalkan teks terpilih
- Italic
untuk memiringkam teks terpilih
- Underline
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
- Strikethrough
untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih
- Subscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
- Superscript
untuk mengetik karakter pemangkatan
- Font
color untuk mengatur warna teks terpilih
- Text
highlight color untuk memberikan warna stabilo dibelakang teks terpilih
c. Paragraph
- Bullets
untuk memberikan tanda bullets di tiap paragraph terpilih
- Numbering
untuk memberikan format penomoran ditiap paragraph terpilih
- Decrease
indent untuk menggeser baris kedua paragraph kekiri
- Increase
indent untuk menggeser baris kedua kekanan
- Align
text left untuk mengatur text rata kekiri
- Center
untuk mengatur text rata tengah
- Align
text right untuk mengatur teks rata ke kanan
- Justify
untuk mengatur text rata kanan-kiri
- Sort
untuk menyortir data
- Show
paragraph marks untuk menanpilkan atau menyembunyikan tanda koreksi paragraph
- Line
spacing untuk mengatur jarak antar baris teks
- Shading
untuk mengatur warna latar teks terpilih
- Border
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
d. Styles
- Change
styles berisi pilihan pengaturan tema paragraph
e. Editing
- Find
untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
- Replace
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
- Select
untuk memilih objek atau teks tertentu didalam suatu file
2. Fungsi Menu Insert terdiri
dari :
a. Pages
- Cover
pages fungsinya menyisipkan bentuk halaman sampul seperti judul, namapengarang,
tanggal dan informasi lain
- Blank
page fungsinya menyisipkan suatu halaman kosong yang baru
- Page
break fungsinya menyisipkan tanda batas halaman
b. Tables
- Table
fungsinya menyispkan table kedalam dokumen
c. Illustrations
- Picture
fungsinya memasukkan sebuah gambar kedalam dokumen. Gambar tersebut bias kita
ambil dari file-file kita
- Clip
art fungsinya memasukkan sebuah gambar clip art
- Shapes fungsinya memasukkan suatu
gambar bangun sederhana yang sudah jadi seperti kotak, lingkaran, garis
- Smartart fungsinya menampilkan
bagan atau diagram pada lembar kerja anda, seperti diagram venn dan
organization chart
- Chart
fungsinya menampilkan chart wizard untuk pembuatan grafik
d. Links
- Hyperlink sebagai penghubung suatu dokumen dengan
dokumen yang lain dengan menggunakan fasilita internet
- Bookmark
untuk membuat suatu petunjuk halaman buku
- Cross-reference
fungsinya memperbaharui dokumen secara otomatis
e. Header & footer
- Header
fungsinya membuat judul di bagian atas
- Footer
fungsinya membuat judul dibagian bawah
- Page
number fungsinya menyisipkan nomer halaman pada dokumen
f. Text
- Text
box fungsinya menggambar kotak dengan teks didalamnya
- Quick
parts fungsinya menyisipkan potongan isi, mencakup dokumen property bidang
judul atau pengarang
- Wordart
fungsinya membuat gambar dengan aneka seni teks
- Date
& time fungsinya memasukkan tanggal dan waktu kedalam dokumen kita
- Signature
e line fungsinya memasukkan atau menyisipkan suatu tanda tangan. Ikon ini
membutuhkan suatu data orang yang memiliki tanda tangan tersebut seperti
micrisoft mitra bersertifikat
- Drop
cap fungsinya membuat huruf pertama dari suatu paragraph didokumen menjadi
lebih besar supaya kelihatan menarik
- Object
fungsinya menempelkan atau memformat sebuah objek
g. Symbols
- Equation
berfungsi membuat suatu karakter suatu rumus matematika, fisika, kimia dan
statistika
- Symbol
fungsinya menyisipkan sebuah symbol
3. Fungsi Menu Tab Page
Layout terdiri dari :
a. Themes
- Color
berfungsi untuk mengatur warna tema halaman
- Fonts
berfungsi untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen
yang aktif
- Effects
berfungsi untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat di
halaman dokumen
- Themes
berfungsi untuk memilih tema yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
b. Page Setup
- Margins
berfungsi untuk mengatur batas teks pada dokumen
- Orientation
berfungsi untuk mengatur posisi halaman
- Size
berfungsi untuk mengatur ukuran halaman
- Colums
berfungsi untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen
- Break
berfungsi untuk mengatur kontunuitas halaman maupun kolom teks
- Line
Numbers berfungsi untuk mengatur kontunuitas nomor baris teks
- Hyphenation
berfungsi untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
c. Page
Background
- Watermak
berfungsi untuk memberikan efek air di belakan teks
- Page
Color berfungsi untuk mengatur warna latar halaman
- Page
Borders berfungsi untuk mengatur garis tepi halaman
d. Paragraph
- Indent
berfungsi untuk mengatur batas teks
- Spacing
berfungsi untuk mengatur jarak antara paragraph
e. Arrange
- Position
berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam suatu halaman
- Bring
to Front berfungsi untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
- Send
to Back berfungsi untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
- Text
Wrapping berfungsi untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraph
text
- Align
berfungsi untuk mengatur posisi objek lepas
- Group
berfungsi untuk mengelompokkan beberaoa objek menjadi satu
- Rotate
berfungsi untuk memutar dan membalik objek yang terpilih
4. Fungsi menu References
terdiri dari :
a. Table
of Contents
- Table
of Contents berfungsi untuk mengelolah daftar isi
- Add
Text berfungsi untuk mengelolah paragraph terpilih dalam kaitannya sebagai
entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
- Update
Table berfungsi untuk memperbaharui daftar isi
b. Footnotes
- Insert
Footnote berfungsi untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau
footer
- Inset
Endnote berfungsi untuk menyisipkan catatan di akhir bab
- Next
Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote
- Show
Notes berfungsi untuk menampilkan lokasi catatan footnote atau endnote
c. Citations
& Bibliography
-
- Insert
Citation berfungsi untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
- Manage
Sources berfungsi untuk mengelolah seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah di
sisipkan disemua segmen file dokumen
- Style
berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
- Bibliography
berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.
d. Caption
-
- Insert
Caption berfungsi untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar
yang sudah disisipkan
- Insert
Table of Figures berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan
ke dalam dokumen
- Update
Table berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
- Cross-reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e. Index
- Mark
Entry berfungsi untuk menandai masukan baru dalam dokumen
- Insert
Index berfungsi untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
- Update
index berfungsi untuk memperbarui daftar index terkini
f. Table
of Authorities
- Mark
Citation berfungsi untuk menandai kutipan
- Insert
Table of Authorities berfungsi untuk membuat daftar kutipan
- Update
Table berfungsi untuk memperbaharui daftar kutipan
5. Fungsi menu mailings
terdiri dari :
a. Create
- Envelopes
di gunakan untuk membuat sampul pada amplop
- Labels
di gunakan untuk menuliskan alamat dan nama
b. Start Mail Marge
- Start
Mail Marge di gunakan untuk membuat surat
- Select
Recipient di gunakan untuk memilih penerima surat
- Edit
Recepient list di gunakan untuk mengatur penerima surat
c. Write & Insert
Fields
- Highlight
Merge Fields di gunakan Untuk menyisipkan dokumen
- Address
Block di gunakan Untuk pemilihan alamat surat
- Greeting
Line di gunakan untuk menambahkan baris ucapan
- Insert
Marge Fields di gunakan Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
- Rules
di gunakan Untuk memberikan garis dalam surat
- Match
Fields di gunakan Untuk Membandingkan surat
- Update
Labels : Di gunakan Untuk memperbaharui label surat
d. Preview result
- Preview
result di gunakan untuk melihat hasil
- Find
Recipient : Di gunakan untuk mencari penerima
- Auto
Check For Error : Di gunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
e. Finish
- Finish
&Merge : Selesai menggunakan fasilitas Mailings
6. Fungsi menu Review terdiri
dari :
a. Proofing
- Spelling
& Grammar digunakan untuk Memeriksa ejaan teks
- Research
digunakan untuk Membuka panel penelitian referensi
- Thesaurus
digunakan untuk Saran kata yang sepadan
- Translate
digunakan untuk Menerjemahkan kata ke bahasa lain
- Translation
Screen Tip digunakan untuk Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam
bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
- Set
Language digunakan untuk Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata
bahasa yang terpilih
- Word
Count digunakan untuk Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam
document
b. Comments
- New
Comment digunakan untuk Memasukkan komentar baru
- Delete
digunakan untuk Menghapus komentar
- Previous
digunakan untuk Memperlihatkan komentar sebelumnya
- Next
digunakan untuk Memperlihatkan komentar selanjutnya
c. Tracking
- Track
Changes digunakan untuk Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
- Balloons
digunakan untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
- Display
For Review digunakan untuk Memilih bagaimana memandang perubahan yang di
usulkan pada dokumen
- Show
Markup digunakan untuk Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
- Reviewing
Pane digunakan untuk Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
d. Changes
- Acceptp
And Move To Next digunakan untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan
perubahan selanjutnya
- Reject
And Move To Next digunakan untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan
perubahan selanjutnya
- Previous
Change digunakan untuk Menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga
dapat menerima/menolak
- Next
Change digunakan untuk Menampilkan dokumen yang dapat diterima/ditolak
e. Compare
- Compare
digunakan untuk mengkombinasikan berbagai versi dari document
- Show
Source Documents digunakan untuk Menunjukkan sumber dokumen yang terpilih
f. Protect
- Protect
Document digunakan untuk untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah
privasi
Fungsi menu Tab View,
terdiri dari :
a. Document Views
- Print layout digunakan
untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
- Full screen reading digunakan untuk untuk
melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
- Web layout digunakan
untuk melihat hasil kerja di web
- Outline view digunakan untuk untuk
melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
- Draft view digunakan untuk melihat hasil
kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya
b. Show/Hide
- Ruler
fungsinya untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam
dokumen
- Gridlines
untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelaraskan objek dalam dokumen
- Message
Bar fungsinya untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang
diperlukan pada dokumen
- Document
map untuk membuka peta dokumen yang memungkinkan anda untuk menavigasi melalui
pandangan structural pada dukumen
- Thumbnails
untuk menavigasi dokumen yang panjang melalui gambar kecil dari setiap halaman
c. Zoom
- Zoom
digunakan untuk Memperbesar tampilan
- 100%
digunakan untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
- One
Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
- Two
Page digunakan untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
- Page
Width digunakan untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
d. Window
- New
Window digunakan untuk Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
- Arrange
All digunakan untuk Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
- Split
Window digunakan untuk Membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkan lembar kerja Anda
- View
Side By Side digunakan untuk Memperlihatkan jendela berdampingan
- Synchronous
Scrolling digunakan untuk Membuat dua jendela menggulung bersamaan
- Reset
Window Position digunakan untuk Menset ulang posisi jendela berdampingan
- Switch
window fungsinya mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
e. Macros
untuk merekam sebuah macro atau menerima pengaturan makro lainnya
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar sesuai tema. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. :) :( ^_^ :D ;) :-bd :yaya: :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p *fck* x@ X@ ~x( =p*